• Twitter
  • Facebook

Welcome to our news

BUDIDAYA TORBANGUN Tanaman Ajaib Pelancar ASI Ibu Menyusui

Torbangun merupakan salah satu sayuran yang mempunyai khasiat sebagai laktagogum yaitu penambah kualitas dan kuantitas ASI (air susu ibu). Torbangun termasuk tanaman yang belum menjadi tanaman budidaya/ yang dibudidayakan, masih dikumpulkan dari hutan yang ada terutama di Sumatera Utara. Panduan untuk pelaksanaan atau praktek produksi tanaman bangun-bangun diperlukan, dan yang disampaikan pada tulisan ini meliputi kegiatan pra tanam sampai panen.

Budidaya sayur-sayuran yang perlu dilakukan adalah budidaya yang berwawasan lingkungan, baiknya tidak merusak lingkungan dan produk yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi manusia. Di sisi lain, pengembangan sayuran asli yang menjadi bagian dari budaya nenek moyang dan belum banyak dimanfaatkan merupakan suatu tantangan tersendiri. Perlu dilakukan Budidaya Torbangun sebagai wujud pelestarian salah satu kearifan lokal budaya tradisional bangsa Indonesia.

Berawal dari berbagai pengalaman mencoba berbagai produk Pelancar ASI untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI untuk sang buah hati, Duo Inang, Srikandi Alumni IPB (Institut Pertanian Bogor) Tina Maretina. S.Hut dan Ega Ayudini S.Hut dari Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB akhirnya mencoba sendiri mengkomsumsi tanaman torbangun sebagai upaya melancarkan ASI. akhirnya beberapa tahun terakhir ini, Duo Inang tersebut, konsen dalam upaya membudidayakan Torbangun sebagai wujud pelestarian salah satu kearifan lokal budaya tradisional bangsa Indonesia. Adapun Budidaya yang dilakukan oleh Duo Inang tersebut diantaranya :

1. Pembibitan Torbangun

2. Pemupukan Lahan Penanaman Tanaman Torbangun

3. Penanaman Torbangun

4. Pemeliharaan Torbangun

5. Panen Torbangun

6. Pasca Panen Torbangun

Mari sukseskan Menyusui 2 tahun.. ciptakan generasi cemerlang dengan pemberian ASI