• Twitter
  • Facebook

Welcome to our news

Sebagai wujud pelestarian budaya lokal, INANG Booster ASI Tradisional ini terbuat dari daun Torbangun Coleus amboinicus. Torbangun  ini merupakan tanaman khas aromatik dari kearifan lokal khas Indonesia yang digunakan para ibu untuk meningkatkan produksi ASI mereka.

Torbangun ini banyak digunakan sebagai makanan pendamping nasi layaknya sayuran. Sebuah penelitian Prof Damanik dari IPB menyebutkan bahwa mengonsumsi daun bangun-bangun dapat meningkatkan produksi ASI serta mengembalikan stamina para ibu. oleh karenanya kami akan menjelaskan sekilas pandang tentang Torbangun

 
Torbangun
Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai kebenaran ilmiah daun Torbangun melancarkan asi, kita akan ulas dulu mengenai taksonominya. Tanaman torbangun (Coleus amboinicus Lour) merupakan tanaman daerah tropis yang daunnya memiliki aroma tertentu sehingga dikenal sebagai tanaman aromatic. Tanaman ini banyak ditemukan di India dan Ceylon dan Afrika Selatan, memiliki bunga yang bentuknya tajam dan mengandung minyak atsiri sehingga disebut juga Coleus aromaticus. Tanaman ini juga dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia dengan nama yang berbeda-beda. Di daerah Sumatera Utara, tanaman ini dikenal dengan nama bangun bangun atau torbangun, sedangkan di daerah Sunda, daun bangun bangun dikenal dengan nama ajeran atau acerang, di daerah Jawa dikenal dengan nama daun kucing, di Madura daun kambing, dan majha nereng. Di daerah Bali dikenal dengan nama iwak dan di daerah Timor dikenal dengan nama Kunu Etu. Belakangan ini daun Torbangun pelancar asi banyak diperbincangkan di kalangan ibu menyusui.

Secara makroskopis, tanaman daun Torbangun melancarkan asi memiliki ciri batang berkayu lunak, beruas-mas dan berbentuk bulat, diameter pangkal ± 15 mrn, tengah ± 10 mm dan ujung ± 5 rnm. Daun tanaman ini tunggal, helaiannya bundar telur, panjang helaiannya ± 3,5-6 cm, pinggirnya agak berombak dengan panjang tangkai ± 1,5-3 cm, dan tulang dam menyirip. Tanaman Torbangun tumbuh secara liar, jarang berbunga, namun mudah sekali dikembangbiakkan dengan stek dan cepat berakar di dalam tanah yang gembur. Tidak masalah jika bunda ingin membudidayakan tanaman Torbangun pelancar asi ini di lingkungan bunda.

Dalam susunan taksonomi, tanaman Torbangun pelancar asi yang secara internasional dikenal dengan Coleus amboinicus Lour diklasifikasikan seperti berikut :

Divisi        : Spermatophita

Subdivisi  : Angiospermae

Kelas         : Dikotiledonae

Bangsa      : Solanales

Suku          : Labialae

Marga        : Coleus

Jenis          : Coleus amboinicus


Nutrisi daunTorbangun
Nah, sekarang kita akan mengulas kandungan nutrisi daun bangun bangun melancarkan asi. Komposisi zat gizi dalam 100 gram daun bangun bangun pelancar asi terkandung lebih banyak kalsium, besi dan karoten total dibandingkan dengan daun katuk (Sauropus androgynus). Dari hasil penelitian diketahui bahwa dalam daun torbangun terkandung minyak atsiri 0,043% (pada daun segar) atau 0,2% (pada daun kering). Minyak atsiri ini selain berdaya antiseptika ternyata juga mempunyai aktivitas tinggi melawan infeksi cacing. Selanjutnya dijelaskan juga didalam daun bangun bangun terdapat vitamin C, vitamin B1, vitamin B12, vitamin E, beta karotin, niasin, karvakrol, kalsium, asam-asam lemak, asam oksalat, dan serat. Senyawa-senyawa tersebut berpotensi terhadap macam-macam aktivitas biologik, misalnya antioksidan, diuretik, analgesik, mencegah kanker, anti tumor, antivertigo, imunostimulan, anti radang, antifertilitas, hipokolesterolemik, hipotensif, dan lain-lain. Kandungan senyawa lain pada daun torbangun adalah flavonol yang dapat menghambat perdarahan, dan saponin yang bekerja sebagai antimikroba. Tabel nutrisi lengkapnya silahkan unduh di sini.

Daun Torbangun melancarkan asi
Nah, di sini kita akan membahas mengenai bukti ilmiah daun bangun bangun dapat melancarkan asi yang mampet setelah melahirkan. Manfaat daun bangun bangun sebagai pelancar ASI sudah tidak diragukan lagi. Tanaman yang turun-temurun dipercaya melancarkan ASI di kalangan masyarakat Toba, Sumatra Utara ini sering diolah sebagai makanan pendamping nasi layaknya sayuran. Masyarakat Sumatera Utara sering mengkonsumsi dengan cara dijadikan sup yang dimasak menggunakan santan kelapa.

Hasil penelitian dari prof Damanik, dkk pada tahun 2006 menunjukan bahwa zat gizi yang terkandung daun bangun bangun yang diolah menjadi sayur sop berupa lemak, protein, karbohidrat, air, dan mineral, yang dapat dilihat di sini.

Berdasarkan penelitian prof Damanik dkk (2006), pada saat minggu kedua (hari ke-14 hingga ke-28 setelah suplementasi sayur sop daun Torbangun), ibu yang telah mengkonsumsi sop Torbangun mengalami peningkatan kuantitas dan kualitas ASI. Selain itu, daun Torbangun mampu meningkatkan kesehatan wanita pasca melahirkan, berperan sebagai uterine cleansing agent, dan dalam bentuk sop, daun Torbangun dapat menggantikan energi yang hilang selama proses melahirkan. Di sini kita dapat mengetahui bahwa daun bangun bangun tidak hanya mampu melancarkan asi namun juga meningkatkan kualitas asi.

Selain diolah sebagai sayur sop, daun Torbangun juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu campuran formula jamu pelancar asi, yang terdiri dari bahan tanaman utama daun katuk dan daun pepaya. Penelitian yang telah dilakukan oleh Zulkarnain dkk tahun 2012 menunjukan bahwa formula jamu pelancar asi yang terdiri dari 25 g daun katuk, 10 g daun Torbangun, dan 5 g daun pepaya, dapat meningkatkan volume ASI secara bermakna dibandingkan simplisia tunggal daun katuk.
Mengapa daun Torbangun melancarkan ASI ? Pada daun Torbangun, peningkatan volume asi terjadi karena adanya peningkatan aktivitas epitel yang ditandai dengan meningkatnya DNA dan RNA kelenjar mamae, peningkatan metabolisme yang ditandai dengan menurunnya glukosa serum. Konsumsi daun bangun bangun juga berpengaruh nyata terhadap peningkatan kadar beberapa mineral sepersi zat besi, kalium, seng, dan magnesium dalam ASI serta mengakibatkan peningkatan berat badan bayi secara nyata. Kalium pada daun Torbangun ini bermanfaat sebagai pembersih darah, melawan infeksi, mengurangi infeksi, dan memberikan rasa tenang sehingga sekresi ASI akan lancar. Nah, sekarang sudah tahu kan bahwa daun Torbangun bisa bermanfaat sebagai pelancar asi alami yang ampuh. Semoga artikel dengan judul INANG Booster ASI Tradisional Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia ini bisa bermanfaat bagi Bunda.